Cara Membuat Cireng Enak dan Lezat

RESEP CIRENG RASA ENAK DAN LEZAT

bagaimana cara membuat cireng yang enak..??? berikut cara-caranya:
Cireng Memang makanan yang sudah familier di kalangan masyarakat kita, ya, cireng yang merupakan salah satu dari aneka kuliner sederhana khas Bandung ini Selain disajikan sederhana dengan sambal kacang atau isian sambal oncom, cireng asli Bandung yang mempunyai rasa renyah dan gurih sangat populer dengan aneka rasa dan berbagai variasi isinya. Akan tetapi untuk resep cireng berikut ini, sudah lumayan nikmat walaupun tanpa isi atau dihidangkan hanya dengan saus sambal, lebih lagi dipadukan dengan berbagai kombinasi isi. Berikut adalah cara-cara membuat cireng yang lezat.

Bahan dan Bumbu cireng :
  1. ¼ kg tepung aci/ kanji/ tapioka
  2. 1 sendok makan tepung terigu
  3. 2 batang daun bawang, iris tipis
  4. 2 batang daun seledri, iris tipis
  5. 4 siung bawang putih, dihaluskan
  6. ½ sendok teh merica
  7. 1 gelas/ 200 ml santan
  8. garam dan penyedap secukupnya
  9. minyak untuk menggoreng


CARA MEMBUAT CIRENG  ENAK DAN LEZAT :

  1. Masukan tepung aci dengan terigu ke dalam sebuah wadah, tambahkan merica, garam dan penyedap serta irisan daun bawang dan daun seledri lalu aduk secara merata.
  2. Selanjutnya, Tumis bawang putih halus sampai harum, masukkan santan  kemudian aduk dan masak sampai mendidih. Setelah itu, Angkat dan langsung tuang ke dalam adonan tepung sambil diaduk rata lalu diuleni dengan menggunakan tangan hingga kalis.
  3. Langkah terakhir, Bentuk adonan sesuai keinginan anda atau biasanya dibentuk bulat dan dipipihkan lalu digoreng dengan minyak panas menggunakan api kecil sampai warnanya kecoklatan dan matang merata. Angkat, lalu tiriskan kemudian sajikan selagi masih panas.
    Resep tersebut adalah salah satu kreasi untuk membuat cireng, adapun variasi cireng enak lainnya yang biasa dan sering kita temukan di penjual gorengan tradisional di bandung yaitu cireng dengan ciri khas tekstur sedikit kenyal dan rada alot seperti dalam resep sederhana berikut ini. Tepung yang dipakai hanya memakai tepung aci saja sehingga tidak menggunakan tambahan atau campuran tepung terigu. Walaoupun begitu, ada sedikit tips untuk membuatnya agar tidak gagal yaitu dengan membuat adonan biang serta penggunaan minyak yang tidak terlalu panas supaya hasilnya matang merata dan empuk serta mengembang. Agar mudah dipahami, simak caranya berikut ini :

Bahan dasar :
  1. 300 gram tepung aci (tapioka)
  2. 1 batang daun bawang, iris tipis
  3. tepung aci untuk taburan agar tidak lengket
  4. minyak untuk menggoreng
  5. Bahan biang :
  6. 100 gram tepung aci
  7. 400 ml air
  8. 1 sdm ketumbar, haluskan
  9. 4 siung bawang putih, haluskan
  10. garam dan penyedap rasa secukupnya
  11. ½ sdt merica
  12. 1 sdm minyak goreng


CARA MEMBUAT CIRENG BANDUNG :

  1. Siapkan panci, tuang 100 gram tepung aci kemudian aduk dengan 400 ml air lalu masukkan ketumbar, bawang putih halus, garam, penyedap rasa, merica dan 1 sendok makan  minyak goreng kemudian aduk secara merata. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mengental dan warnanya berubah menjadi bening, setelah itu, matikan api.
  2. Berikutnya, Masukkan irisan daun bawang lalu aduk dan uleni adonan memakai sendok kayu sambil memasukkan 300 gram tepung aci sedikit demi sedikit sampai adonan berubah  menjadi kalis dan mudah dibentuk. Jika adonan sudah tidak terlalu panas, uleni dengan tangan agar adonan merata sempurna.
  3. Langkah terakhir, Bentuk adonan cireng tersebut menjadi bulat-bulat pipih lalu taburi dengan sedikit tepung aci agar tidak lengket. Lalu goreng adonan cireng dengan menggunakan minyak panas di atas api kecil, bolak-balik agar matang dengan merata kemudian angkat dan tiriskan. Yang harus diingat adalah jika minyak terlalu panas sebaiknya matikan api terlebih dahulu. Karena penggunaan minyak yang terlalu panas membuat cireng menjadi tidak merata sempurna dan kurang mengembang.

    Demikian cara membuat cireng enak. silahkan dicoba, semoga bermanfaat. :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar

201 NAMA DAN GELAR NABI MUHAMMAD SAW

Cara Memakai Softlens yang benar